PT.Indojaya Plasindo Makmur - Jual Kantong Polybag dan Shopping Bag LDPE

Apa itu Thermoforming, Manfaat dan Keunggulannya Untuk Kemasan Produk ?

Tanggal :22/06/2021 12.42.00 Penulis : INDOJAYA PLASINDO

Thermoforming merupakan teknik pencetakan plastik yang paling umum dan paling tua yang menghasilkan berbagai produk yang sangat bermanfaat. Produk hasil thermoforming memegang peranan yang cukup penting dalam kehidupan kita yang bisa ditemukan di sekitar kita, contohnya adalah kemasan makanan, plastik mainan dan berbagai aplikasi industri yang lain. Thermoforming merupakan proses pembentukan dimana lembaran plastik yang setelah mengalami proses pemanasan hingga mencapai suhu tertentu, plastik ini berubah strukturnya menjadi lunak dan fleksibel, yang kemudian dilakukan proses pressure ataupun vaccum, yang disesuaikan dengan bentuk cetakannya.

Ada beberapa metode dalam melakukan proses thermoforming, yaitu:
a. Pressure Thermoforming
Pressure thermoforming merupakan jenis thermoforming yang menggunakan tekanan udara dari atas. Proses ini menghasilkan sebanyak tiga hingga empat kali tekanan pembentukan seperti halnya pembentukan vakum. Oleh karena itu, detail halus seperti tekstur permukaan dapat dibentuk pada cetakan tanpa menimbulkan biaya tambahan yang berlebih
b. Vacuum Thermoforming
Sesuai dengan namanya, teknik thermoforming  ini menggunakan sistem vakum untuk menghisap plastik. Dalam prosesnya melibatkan pembentukan bagian dengan memanaskan dan meregangkan plastik melintasi cetakan menggunakan vakum. Biasanya cetakan terbuka dan gaya yang terlibat dengan pembentukan lembaran dibatasi sekitar 15 psi.
c. Twin Sheet Forming 
Dalam prosesnya, ada dua cetakan untuk proses ini: satu di atas dan satu di bawah. Oleh karena itu, dua lembar plastik harus dipanaskan dan dibentuk secara bersamaan. Sambungan yang menyatu harus ditempatkan di sekeliling cetakan saat tekanan udara disuntikkan di antara lembaran. Proses ini sangat ideal untuk membentuk bagian berongga yang membutuhkan bentuk atas dan bawah yang berbeda.
d. Mechanical Thermoforming
Merupakan teknik thermoforming yang tidak menggunakan tekanan udara ataupun sistem vacuum, tetapi menggunakan mold positif dan mold negatif.

Keuntungan dari thermoforming
Thermoforming mempunyai beberapa keunggulan yang menjadikannya proses yang menguntungkan dibandingkan jenis pencetakan yang lainnya. Beberapa keunggulan tersebut antara lain:
*) Kemampuan untuk membuat beberapa bagian jadi dari bahan yang sama
*) Bisa menyesuaikan desain yang dibutuhkan pelanggan 
*) Hasilnya produk yang estetis
*) Waktu penyelesaian yang cepat, dapat digunakan untuk pengiriman menit terakhir atau sebagai cara cepat untuk mengembangkan prototipe.
*) Efektivitas biaya sehingga cost biaya lebih rendah

Manfaat thermoforming
Proses thermoforming memberikan banyak manfaat bagi produsen dan pengguna akhir. Beberapa manfaat tersebut antara lain:
*) Efisien
*) Hemat biaya
*) Waktu tunggu yang singkat
*) Mudah untuk menambahkan detail
*) Desain yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

PT. Indojaya Plasindo Makmur adalah pabrik yang membuat produk-produk yang dibuat dengan proses thermoforming. Kami pabrik thermoforming yang jual kemasan plastik berbagai jenis bahan dan ukuran. Tersedia dalam bentuk roll/gulungan. Untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami.
 

kategori

Post terbaru

Komentar Terbaru

Tag

Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English